Tips Bangun Pagi Saat Kuliah

Untungnya, Anda dapat mengikuti beberapa tip sederhana untuk bangun lebih awal untuk meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan dan meningkatkan nilai ujian tersebut. Kiat-kiat ini mungkin sangat penting selama tantangan

Tips Bangun Pagi Saat Kuliah

Tidur pada Waktu Tertentu Setiap Malam

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur yang konsisten seperti halnya anak-anak. Agar berfungsi dengan baik sepanjang hari, mahasiswa harus tidur setidaknya tujuh jam di malam hari, meskipun idealnya delapan atau sembilan jam.

Gagal mendapatkan tidur yang cukup dapat berdampak negatif pada suasana hati, kewaspadaan, dan kemampuan Anda untuk berpikir jernih. Kurang tidur juga dapat menyebabkan depresi, masalah kulit, dan masalah kesehatan serius lainnya dari waktu ke waktu.

Kembangkan Rutinitas Pagi yang Konsisten

Berpegang teguh pada rutinitas pagi yang dapat diprediksi membantu Anda bersiap-siap untuk hari yang akan datang, meskipun jadwal Anda bervariasi sepanjang minggu. Ritual pagi dapat mengurangi kelelahan mental dan membuat Anda lebih produktif, terutama jika Anda dapat menghindari terburu-buru keluar rumah setiap hari.

Misalnya, rutinitas Anda mungkin melibatkan minum teh, sarapan, dan membaca berita di ponsel atau tablet sebelum mandi dan berpakaian untuk hari itu.

Singkirkan Kafein

Banyak mahasiswa mengandalkan kafein untuk memberi mereka energi yang mereka butuhkan untuk melewati kelas, tugas, proyek, dan kewajiban kerja mereka. Namun, terlalu banyak kafein dapat menjadi kontraproduktif, karena kafein dapat mencegah Anda tertidur di malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari.

Studi juga menunjukkan bahwa minum kafein dalam jumlah besar tidak menghasilkan produktivitas yang lebih besar. Bahkan, kebalikannya mungkin benar. Cobalah alternatif yang lebih sehat untuk kopi atau minuman berenergi, seperti teh herbal dan air soda.

Singkirkan Perangkat Anda

Ponsel cerdas dan perangkat seluler lainnya membuat ketagihan, dan kebanyakan dari kita memeriksanya terus-menerus tanpa memikirkannya. Kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada tidur seseorang. Perangkat seluler menggunakan cahaya biru, yang menurut penelitian dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk tertidur dan membuang ritme sirkadian Anda.

Coba isi daya ponsel semalaman di tempat yang tidak dapat dijangkau dari tempat tidur, sehingga Anda tidak tergoda untuk melihatnya tepat sebelum waktu tidur. Tip berguna lainnya adalah mendapatkan jam alarm daripada mengandalkan ponsel untuk membangunkan Anda di pagi hari.

Baca Juga

Reformasi Sistem Masuk Perguruan Tinggi Negeri Indonesia

Hindari Alkohol

Meskipun bersenang-senang dan bersosialisasi di perguruan tinggi itu baik, memperhatikan konsumsi alkohol Anda dapat membantu Anda bangun lebih awal. Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan kurang tidur nyenyak dan mabuk, yang dapat membuat Anda sakit kepala, mual, dan mengantuk.

Selain itu, penelitian telah menemukan korelasi terbalik antara penyalahgunaan alkohol oleh siswa dan IPK perguruan tinggi mereka.

Jadilah aktif

Terlibat dalam aktivitas fisik yang cukup membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan membuat bangun lebih awal di perguruan tinggi. Menurut Sleep Foundation, olahraga teratur dapat membantu mengatur suhu tubuh Anda, mengurangi kecemasan dan depresi, serta menyetel kembali jam internal tubuh Anda – yang semuanya dapat menghasilkan tidur yang lebih nyenyak.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *